Selasa, 29 Mei 2012

Meningkatkan Motivasi Siswa-siswi MAN Negara dalam Belajar



Motivasi belajar siswa merupakan  hal yang sangat penting bagi pencapaian kinerja dan prestasi belajar siswa. Dalam hal ini, tentu saja menjadi tugas dan kewajiban guru untuk senantiasa dapat  memelihara dan meningkatkan motivasi belajar siswanya. Setiap orang bisa jadi punya motivasi yang berbeda, hal itu tergantung apa yang diinginkan orang yang bersangkutan.


Ada 2 faktor yang membuat seseorang termotivasi untuk belajar, yaitu:
  1. Motivasi belajar berasal dari faktor internal, yaitu motivasi yang terbentuk karena kesadaran diri atas pemahaman betapa pentingnya belajar untuk mengembangkan dirinya dan bekal untuk menjalani kehidupan.
  2. Motivasi belajar berasal dari faktor eksternal, yaitu dapat berupa rangsangan dari orang lain, atau lingkungan sekitarnya yang dapat mempengaruhi psikologis orang yang bersangkutan.
Oleh karena itu kadangkala seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam belajar dan menjalani hidup, tak terkecuali bagi peserta didik MAN Negara harus selalu termotivasi secara terus menerus agar kualitas belajarnya tidak menurun, hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara dan tip, salah satunya dengan menghadirkan Motivator.


Inisiatif Guru yang menghadirkan Mrs. Erna untuk berbagi pengalamannya kuliah di Amerika Serikat kepada siswa dan siswi MAN Negara. Senin, 28 Mei 2012


 Sesekali memberikan tanya jawab "Speaking English" kepada siswa-siswi MAN Negara


 Mrs. Erna sekarang berkebangsaan Amerika. Because what? (ujar Ahmad Dhani),  ternyata Mrs. Erna punya Suami Warga Negara Amerika, Mr Keith.


Sebuah pengalaman yang menarik dari Mrs. Erna yang asli orang Negara. Walaupun sekarang berkebangsaan Amerika dan bekerja disana, dia tidak akan pernah melupakan keluarga dan kampung halamannya.


Sekecil apapun itu, semoga menjadi manfaat bagi siswa-siswi MAN Negara.


(red: salahuddin)


Tags :

bm

MAN 3 HSS

MAN 3 Hulu Sungai Selatan

  • " Ing ngarso sang Tulodo " ( Di depan memberi Contoh )
  • " Ing Madyo Mangun Karso " ( Di tengah Memberi Bimbingan )
  • " Tut Wuri Handayani " (Di belakang Memberi Dorongan )

  • : MAN 3 Hulu Sungai Selatan
  • : 13 Februari 1979
  • : Jl. Tambak Bitin No. 033
  • : mannegara309527@gmail.com
  • : 0811-519-729