Sabtu, 06 Agustus 2022

MAN 3 HSS Ikuti Ajang OBA (Olimpiade Bahasa Arab) Tingkat Kabupaten


       


 Hulu Sungai Selatan (MAN 3 HSS) - Tiga orang peserta didik MAN 3 Hulu Sungai Selatan mengikuti Olimpiade Bahasa Arab (OBA) Tahun 2022 yang diadakan oleh  Forum MGMP Bahasa Arab se-Indonersia yang dilaksanakan secara online serentak di masing-masing madrasah tingkat Madrasah Aliyah (MA). Kompetisi tersebut diikuti oleh peserta didik kelas XI dan XII yang sudah didaftarkan via online, yaitu Mahfuzhatul Hasanah, Muhammad Hafiz Norrahman, dan Rinda Khalwati, Selasa (6/08/2022)

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa Internasional. Satu dari enam bahasa resmi yang digunakan dalam organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Bahasa Arab juga menjadi bahasa resmi lebih dari 20 negara; utamanya di kawasan Timur Tengah. Bahasa Arab dituturkan lebih dari 300 juta penduduk dunia. Bahasa Arab juga menjadi bahasa agama bagi sekitar satu setengah miliyar muslim diseluruh dunia; karena kitab suci umat Islam, al-Qur’an al-Karim, diturunkan dalam bahasa Arab. Bahkan beberapa ritual ibadah wajib dilaksanakan dengan bahasa Arab seperti Syahadat dan Sholat. Oleh karena itu bahasa Arab masuk dalam peringkat lima besar bahasa-bahasa di dunia yang paling banyak digunakan; selain bahasa Mandarin (Cina), India, Inggris dan Spanyol.

Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia adalah sebuah organisasi guru yang bertujuan untuk mengembangan kualitas dan kuantitas pembelajaran bahasa Arab di Indonesia; baik pada lembaga formal, informal maupun non-formal; negeri maupun swasta; jenjang dasar, menengah maupun atas. 

Kegiatan Olimpiade Bahasa Arab merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia. Olimpiade Bahasa Arab ini diselenggarakan selain sebagai syiar Bahasa Arab di Indonesia, juga bagian dari upaya untuk mempererat Ukhuwah Islamiyah-Wathaniyah, membentuk rasa percaya diri dengan bahasa Arab, dan meningkatkan kemampuan pengajar dan pelajar bahasa Arab di Indonesia.

Melalui Olimpiade Bahasa Arab ini diharapkan potensi dan bakat pelajar dan pengajar bahasa Arab di Indonesia dapat dimotivasi dan difasilitasi sehingga berkembang dengan baik dan dapat terus ditingkatkan secara berkelanjutan.

Tiga peserta didik perwakilan MAN 3 Hulu Sungai Selatan mengikuti OBA via online di madrasah masing-masing. Pelaksanaan bertempat di Laboratorium Komputer MAN 3 HSS, peserta didik difasilitasi oleh madrasah masing-masing satu buah komputer dan masing-masing satu buah Webcam. Peserta didik OBA menjawab soal dimulai pada pukul 09.30 - selesai .

Ibu Ajidah, M.Pd selaku guru yang mendampingi peserta didik menuturkan bahwa sangat bermanfaat peserta didik mengikuti ajang-ajang perlombaan seperti OBA ini, salah satunya melatih peserta didik dalam berkompetisi, mempeluas pengalaman, dan menambah pengetahuan dalam hal belajar Bahasa Arab.

"Melalui Olimpiade Bahasa Arab ini diharapkan potensi dan bakat peserta didik dan ketertarikan akan bahasa Arab dimadrasah semakin tinggi, dan dapat memotivasi peserta didik yang lain"

Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala Madrasah Bpk. Muhammad Taufik, S.Ag,M.M.Pd, beliau menyampaikan bahwa “Kami (MAN 3 HSS) akan selalu memberikan dukungan dan semangat kepada peserta didik yang ingin berkompetisi dalam bidang apapun termasuk salah satunya OBA ini, selamat kepada seluruh peserta didik, karena sudah memberanikan diri tampil dalam ajang ini, niatkan untuk mencari ilmu dan mari berkompetisi dengan jujur dan menjunjung akhlakul karimah.” tutur beliau

 

Penulis :Santi

Foto : Ajidah


Tags :

bm

MAN 3 HSS

MAN 3 Hulu Sungai Selatan

  • " Ing ngarso sang Tulodo " ( Di depan memberi Contoh )
  • " Ing Madyo Mangun Karso " ( Di tengah Memberi Bimbingan )
  • " Tut Wuri Handayani " (Di belakang Memberi Dorongan )

  • : MAN 3 Hulu Sungai Selatan
  • : 13 Februari 1979
  • : Jl. Tambak Bitin No. 033
  • : mannegara309527@gmail.com
  • : 0811-519-729

Posting Komentar