Jumat, 05 Agustus 2022

Pembuatan KIT Sederhana, Peserta Didik MAN 3 HSS Lakukan Praktikum Listrik Dinamis




Hulu Sungai Selatan - (MAN 3 HSS), Peserta Didik MAN 3 Hulu Sungai Selatan didampingi oleh guru mata pelajaran Fisika Bpk Marhan, S.Pi melakukan praktikum Fisika tentang Listrik Dinamis. Peserta didik yang melakukan praktikum adalah peserta didik kelas XII MIPA. Praktikum ini bertujuan untuk peserta didik mencari sifat rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel. Praktikum dilakukan di Laboratorium IPA di MAN 3 Hulu Sungai Selatan. Jumat (05/08/2022).

Praktikum adalah kegiatan yang menuntut peserta didik untuk melakukan pengamatan, percobaan, atau pengujian suatu konsep atau prinsip materi mata pelajaran yang dilakukan di dalam atau di luar laboratorium. Praktikum ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran listrik dinamis menggunakan KIT sederhana untuk meningkatkan keterampilan proses sains.

Rangkaian Listrik adalah sebuah jalur atau rangkaian sehingga elektron dapat mengalir dari sumber voltase atau arus listrik. Proses perpindahan elektron inilah yang kita kenal sebagai listrik.

Praktikum yang dilakukan peserta didik adalah materi Fisika tentang Listrik Dinamis. Listrik dinamis adalah listrik yang bergerak atau disebut arus listrik. 

Rangkaian arus listrik terdapat tiga tipe yaitu rangkaian listrik seri, rangkaian listrik paralel dan rangkaian listrik gabungan. Rangkaian seri adalah rangkaian listrik yang terdiri dari hanya satu jalur untuk melewatkan arus. Contoh penggunaan rangkaian seri adalah pada lampu taman, lampu tumbler, lampu ruang tamu dan pemanas air.

Rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang terdiri dari lebih dari satu jalur untuk melewatkan arus. Rangkaian listrik paralel juga dikenal dengan nama rangkaian bercabang (sejajar, yakni rangkaian yang alat-alat listriknya tersusun sejajar. Contoh rangkaian listrik paralel adalah listrik dalam rumah, kantor dan pabrik.

Menurut guru mata pelajaran Fisika Bpk. Marhan, S.Pi, Praktikum Fisika ini ditujukan untuk peserta didik mencari sifat rangkaian listrik seri dan rangkaian paralel tentang materi Listrik Dinamis, sehingga peserta didik membuat rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel dengan media KIT.

Salah satu peserta didik yang ikut melaksanakan praktikum Raipah menyampaikan bahwa "Saya sangat menyukai praktikum ini, karena dengan praktikum ini materi Fisika tentang Listrik Dinamis lebih mudah dipahami, dan kami sangat antusias ketika mencari sifat mencari rangkaian listrik seri dan paralel" . tuturnya.

Penulis    : Santi

Foto        : Marhan

Tags :

bm

MAN 3 HSS

MAN 3 Hulu Sungai Selatan

  • " Ing ngarso sang Tulodo " ( Di depan memberi Contoh )
  • " Ing Madyo Mangun Karso " ( Di tengah Memberi Bimbingan )
  • " Tut Wuri Handayani " (Di belakang Memberi Dorongan )

  • : MAN 3 Hulu Sungai Selatan
  • : 13 Februari 1979
  • : Jl. Tambak Bitin No. 033
  • : mannegara309527@gmail.com
  • : 0811-519-729

Posting Komentar